Thursday, July 6, 2017

Belajar Menghargai


Hargailah setiap bentuk usaha orang lain, setiap titik pemberian orang lain, kita tidak tahu apa yang ada dibaliknya. Tak masalah meski yang lain memberimu seratus ribu, sementara satu orang hanya memberimu sepuluh ribu, mungkin saja hanya uang itu yang ia miliki. Tak masalah meski kau tidak menyukai baju yang diberikan orang lain, mungkin kau tak tahu betapa bahagianya orang itu kala membeli baju itu dengan gaji pertamanya, membayangkan betapa cantik kau terlihat dengan baju itu.

Satu pekerjaan yang terlihat biasa saja untuk kita, kadang terasa begitu luar biasa bagi sebagian yang lain, tergantung bagaimana sudut pandang kita. Memanjat rangka bangunan tinggi rasanya biasa saja bagi para pekerja bangunan, namun menjadi luar biasa bagi para pekerja kantoran.

Belajarlah menghargai dari Rasulullah saw, yang tetap tersenyum menghabiskan sekeranjang buah masam dari seorang mukmin, yang begitu berbahagia melihat Rasul memakan hantarannya.

Belajarlah menghargai, dengan melihat ke bawah dengan kasih sayang, bukan dengan mengukur hasil, tapi menghargai proses. Maka ber-khusnuzhanlah.

No comments:

Post a Comment